Informasi SBUB

Universitas Diponegoro memiliki komitmen tinggi dengan memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK/MA yang memiliki potensi bakat dan prestasi unggul dibidang Olah Raga dan Seni / berprestasi dibidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk mengikuti seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

PROSEDUR PENDAFTARAN

jalurbu-1

Petunjuk Tahapan-tahapan Penting Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) Universitas Diponegoro adalah:
    1. Melakukan  pendaftaran online ‘get pin’. Pendaftaran ini adalah untuk mendapatkan pin dari web site um.undip.ac.id dengan mengisi : nama, no identitas (SIM, KTP yang masih berlaku), Hasil pendaftaran get pin calon peserta akan mendapatkan no pin yang akan digunakan sebagai bill key (kunci pembayaran) untuk membayar biaya pendaftaran di bank Mandiri, BTN, BRI ataupun BNI ’46.
    2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) di bank mandiri (melalui internet banking, ATM, dan teller),bank BRI (melalui ATM dan teller), bank BNI’46 (melalui ATM dan Teller), atau Bank BTN (melalui teller).
    3. Melakukan pendaftaran ‘isi formulir’. Pendaftaran ini langsung bisa dilakukan setelah melakukan transaksi pembayaran di Bank (real time). Pendaftaran ini dilakukan Sistem / Menu ‘Pendaftaran Online ‘-> menu ‘Isi Formulir’. Pendaftaran ‘Isi formulir’ tidak bisa dilakukan jika pendaftaran ‘get pin’  (point 1) dan pembayaran biaya pendaftaran (point 2)  belum dilakukan. Pada Tahap ini calon peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran.
    4. Mencetak kartu Ujian. Anda bisa mencetak langsung dan atau menyimpannya. Mencetak kartu hanya bisa dilakukan ketika semua data yang diminta dalam formulir pendaftaran telah diisikan. Pastikan dulu bahwa data yang anda isikan telah benar sesuai dengan yang diinginkan termasuk yang paling penting adalah pilihan jurusan atau program studi. Setelah mencetak kartu peserta ujian, calon peserta tidak bisa mengedit kembali data yang telah diisikan.
    5. Mengirimkan berkas-berkas prestasi sesuai ketentuan. button_lihat-disini

 

Jalur prestasi yang bisa mengikuti seleksi ini khusus bagi peserta yang pernah memiliki kejuaraan minimal tingkat nasional dengan kategori JUARA 1, 2 dan 3 Tingkat NASIONAL atau juara 1 Tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Universitas atau lembaga pemerintah, dimana kegiatan tersebut dalam Koordinasi Komite Olah Raga (Jalur Olah Raga) atau Kemendikbud/Kemenag/Kemristek Dikti (Jalur Kesenian/Jalur Sains dan Teknologi).

3 Kriteria Prestasi yang bisa ikut SBUB ini antara lain :

Jalur Olahraga (Individu) Jalur Kesenian (Individu) Jalur Sains dan Teknologi
1. Atletik 1. Fotografi 1. Pemenang Olimpiade
2. Bulutangkis 2. MTQ 2. Lomba IPTEK
3. Karate 3. Seni Musik 3. Lomba Karya Ilmiah
4. Kempo 4. Seni Suara/Vokal 4. Lomba Pidato/debat Ilmiah
5. Panahan 5. Seni Lukis
6. Pencak Silat 6. Seni Peran
7. Renang 7. Seni Tari
8. Taekwondo
9. Tenis Lapangan
10. Tenis Meja  Jalur Tahfidz
11. Bola Voli  Tahfidz Qur’an
12. Bola Basket
13. Sepak Bola

Peserta dapat mengambil pilihan pada 2 program studi.

Persyaratan Seleksi  button_lihat-disini