Program Studi S3

S3-ILMU SOSIAL

A

Terakreditasi (program Accredited by):

3880/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2019

Gelar lulusan (Final Award) : Doktor (Dr)

Ijin Penyelenggaraan : 94/E/T/2012

Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework)

Level 9

1. Visi dan Misi

Visi:

Menjadi pusat pendidikan yang mampu menyiapkan peserta didik menjadi penentu kebijakan yang handal di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.

Misi:

  1. Meningkatkan kemampuan pengetahuan peserta didik di bidang ilmu-ilmu sosial, dengan kekhususan di bidang masing-masing.
  2. Menghasilkan peserta didik yang mampu menganalisis, memformulasi, dan menciptakan paradigma-paradigma baru yang dapat memcahkan persoalan-persoalan sosial.
  3. Menghasilkan peserta didik yang menguasai aplikasi teori dan ilmu pengetahuan sosial dalam kehidupan masyarakat riil.

2. Konsentrasi

Ilmu Politik :

Konsentrasi kajian ilmu politik lebih menekankan pada kajian orisinal dan konseptual yang mendalam melalui independent research untuk mengkaji dan menemukan pengetahuan baru serta mampu mengembangkan model pemecahan masalah dalam bidang politik seperti menganalisis politik nasional, luar negeri dan pertahanan nasional menganalisis kepemimpinan politik dan pemerintahan, menganalisis kebijakan pembangunan serta resolusi konflik. Konsentrasi kajian ilmu politik ditujukan bagi akademisi, para penggiat partai politik, konsultan politik, kandidat legislatif maupun kepala daerah, mereka yang berkecimpung pada tugas resolusi konflik, dan kalangan umum.

Administrasi Bisnis :

Konsentrasi kajian administrasi bisnis lebih menekankan pada kajian orisinal dan konseptual yang mendalam melalui independent research untuk mengkaji dan menemukan pengetahuan baru serta mampu mengembangkan model pemecahan masalah dalam bidang bisnis seperti manajemen keuangan bisnis, manajemen SDM, manajemen strategi, manajemen pemasaran. Konsentrasi kajian administrasi bisnis ditujukan bagi akademisi, kalangan professional, para pegiat bisnis dan kalangan umum.

3. Metode Pembelajaran

Program Doktor Ilmu Sosial mempunyai 2 (dua) metode pembelajaran, yaitu:

  1. By Course: mahasiswa diwajibkan mengikuti perkuliahan dengan struktur kurikulum yang ditetapkan.
  2. By Research: mahasiswa tidak diwajibkan mengikuti perkuliahan, akan tetapi wajib mengikuti pembimbingan intensive dengan promotor dan co-promotor sesuai dengan jadwal yang disepakati bersama. Selain itu wajib memiliki publikasi artikel di 3 (tiga) jurnal ilmiah terakreditasi dan 1 (satu) jurnal ilmiah internasional.

 

Profil Lulusan (Graduate Profile)

  1. Dosen/Pengajar
  2. Birokrat