Program Studi S2

S2-SISTEM INFORMASI

A

Terakreditasi (program Accredited by):

1004/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2018

Gelar lulusan (Final Award) : Magister Komputer (M.Kom)

Ijin Penyelenggaraan : SK Dirjen Dikti No. 1508/D/T/2007

Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework)

Level 7 KKNI

Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of The Program):

  1. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam bahasa nasional dan internasional dengan berbagai stakeholder.
  2. Mampu berpikir kritis dan inovatif dalam bekerja sesuai dengan prinsip mengembangkan diri dalam pengembangan dan penerapan bidang sistem informasi dalam pekerjaannya.
  3. Mampu mempersiapkan, membangun dan mengelola sistem informasi berbasis komputer pada organisasi modern.
  4. Mampu menerapkan dan memutakhirkan sistem informasi yang diintegrasikan dalam sistem jaringan untuk menyiapkan, mengelola dan mengendalikan informasi dengan cepat dan akurat untuk membawa organisasi memiliki keunggulan kompetitif.
  5. Mampu mengelola informasi sebagai sumberdaya organisasi yang dikemas dalam sistem informasi guna meningkatkan kinerja dan daya saing bisnis dan organisasi, baik dalam proses transaksi, manajemen maupun pengambilan keputusan.
  6. Mampu menghasilkan karya-karya bermutu dalam bidang sistem informasi dengan pengakuan internasional.
  7. Menjunjung tinggi kode etik sesuai dengan etika profesi.
  8. Mampu bekerjasama, adaptif, bersikap proaktif, dan menjadi motivator pengembangan dan aplikasi bidang sistem informasi dalam berbagai bidang.

 

Materi Yang dipelajari (Course Content):

Kurikulum Program MSI UNDIP didesain dengan standar kurikulum internasional mengacu pada MSIS2006 dari Konsorsium ACM (Association of Computer Machinery) dan AIS (Association for Information System) Amerika Serikat, dan Direktorat Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Program MSI UNDIP menyiapkan kurikulum dengan silabi yang fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan/pemutakhiran dengan mengadopsi keterkaitan antara sistem informasi dengan dunia bisnis, manajemen dan organisasi modern. Struktur isi kurikulum terbagi atas kelompok mata kuliah dasar-dasar sistem informasi dan bisnis, kelompok inti sistem informasi, kelompok integrasi, dan kelompok pendukung pemilihan jalur karir.

 

Profil Lulusan (Graduate Proflie)

Lulusan Program MSI UNDIP dapat berkarir sebagai eksekutif, manajer, praktisi, konsultan, akademisi yang memiliki kemampuan profesional di berbagai sektor bidang sistem informasi, seperti E-Goverment, E-Education, E-Bisnis, E-Commerce.

 

Kompetensi Lulusan :

  1. Memiliki professional skills, knowledge dan tata nilai yang berkompeten untuk memutakhirkan sistem informasi dengan teknik-teknik pengambilan keputusan berbasis informasi untuk mendukung efektifitas keputusan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi.
  2. Memiliki kinerja profesional untuk mengelola informasi yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja dan daya saing dalam operasi bisnis, organisasi atau industri.

 

Metode Pembelajaran dan Asesmen (Learning Method and Assessment)

Tutorial, Student Center Learning (SCL), Assesmen melalui UTS, UAS, Portofolio dsb

 

Struktur  dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirements):

Jumlah SKS : 42 selama empat semester.Learning(SCL)

 

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student)

ILS (Information and Learning Service): IT, Library, media, e-learning,laboratorium,  pelatihan bahasa asing Di Pusat Bahasa Universitas, Studio Lingkungan dan Permukiman, Pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dsb

 

Kebijakan dan Prasarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure)

Calon mahasiswa yang memiliki ijasah sarjana(S1) berbagai  bidang ilmu yang memiliki indek prestasi (IP) minimal 3.00 atau telah bekerja di bidang yang berkaitan  

Profil Lulusan (Graduate Profile)

  1. Konsultan
  2. Manager
/html>