Pendaftaran Online Yang Sedang Berlangsung


PSSB D3

 
Pengumuman yang lulus test fisik Jalur UM D3 Kerjasama PT PLN

Bersama ini diumumkan daftar nama peserta yang lulus tes fisik dan berhak mengikuti test laboratorium dan penunjang pada Rekrutmen DIII Kelas Kerjasama PT PLN (Persero) – FT Undip. Ada pun tes laboratorium dan penunjang akan dilaksanakan pada Hari Jum'at tanggal 31 Juli 2015, di dua tempat yaitu :

  1. Laboratorium Prodia Semarang (Jalan MT. Haryono No 882 Semarang)
  2. Laboratorium Prodia Solo (Jalan Ronggowarsito No 143 Surakarta)

INFORMASI JADWAL DAN PESERTA YANG DITERIMA SILAHKAN DOWNLOAD DISINI

 
Pengumuman yang Lolos sebagai Mahasiswa Baru Program Doktor dan Magister Gel 2 Semester Gasal Tahun Akademik 2015/2016

Semarang, undip.ac.id - Rektor Universitas Diponegoro dengan ini mengumumkan kepada yang namanya dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa baru Program Doktor dan Magister Universitas Diponegoro pada Semester Gasal Gelombang II Tahun Akademik 2015/2016 sesuai dengan SK Rektor Nomor : 37/UN7.P/PENG/2015 tanggal 10 Juli 2015. Daftar peserta yang diterima silahkan download disini. Informasi registrasi administratif akan diinformasikan hari Senin, 13 Juli 2015 melalui website ini.

 
Informasi UM D3 Lanjutan Tahun 2015

Kami informasikan bahwa Universitas Diponegoro tidak menerima jalur Ujian Mandiri Lanjutan dari D3 pada semua program studi yang ada di Undip kecuali kerjasama Kementerian. Penerimaan jalur Khusus D3 lanjutan S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Keperawatan kerjasama Kemenkes RI tetap dilaksanakan.

Read more...
 
PERINGATAN !

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Undip (jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, Ujian Mandiri (UM), PSSB D3, UM D3, UM Pasca) mengingatkan pada seluruh calon pendaftar untuk waspada dan berhati-hati terhadap segala jenis penipuan yang mengatasnamakan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Undip. Tidak ada kegiatan panitia yang tidak diberitahukan sebelumnya. Panitia juga tidak memungut biaya lain selain yang diinformasikan di website resmi ini. Segala kegiatan dan informasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Undip akan selalu di publikasikan di laman resmi um.undip.ac.id. Pembayaran Biaya Pendidikan Undip hanya melalui sistem host to host (tidak menggunakan nomor rekening) di bank-bank: BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri, dengan metode close payment mengikuti petunjuk pembayaran yang dijelaskan di laman um.undip.ac.id. Segala informasi yang ada di website itu adalah benar dan dipertanggung jawabkan oleh panitia.

 
Jalur-jalur Seleksi Masuk Program S1 - D3 - S2/S3 Universitas Diponegoro Tahun 2015

1. Seleksi Masuk Program Strata 1 (S1) Undip Tahun 2015

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro tahun 2015 didasarkan pada:

  • Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
  • UU no 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan peraturan diatas maka proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2015 akan diatur melalui seleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2015 adalah sebagai berikut:
1.a. Seleksi Secara Nasional.

Seleksi nasional ini diselenggarakan dibawah tanggung Jawab langsung Pemerintah (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).
Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2015 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2015 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2015 pendaftaran dibuka tanggal 13 Februari - 15 Maret 2015 dan ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.
detail informasi SNMPTN 2015 bisa di akses disini atau di web site resmi SNMPTN 2015 (www.snmtpn.ac.id)

1.b. Seleksi Bentuk lain dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia

Seleksi Bentuk Lain ini adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka Tanggal 12 - 29 Mei 2015. Seleksi ini dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Untuk mengikuti ini seleksi ini biaya pendaftaran ditanggung peserta seleksi.

1.c. Seleksi secara Mandiri.

Seleksi ini adalah yang khusus dilakukan oleh Universitas Diponegoro dibawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro. Biaya Pendaftaran untuk seleksi mandiri Undip ditanggung oleh peserta seleksi. Jalur seleksi mandiri untuk tahun 2015 hanya Jalur UM S1 (Ujian Mandiri). jalur ujian mandiri adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai 29 Mei - 5 Juli 2015. Informasi pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id . Jalur mandiri PSSB Kemitraan tidak dibuka lagi.

2.  Seleksi Masuk Program Diploma III (D-III) Undip tahun 2015
Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2015 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:
  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 2 Januari 2015 sampai dengan 27 Februari 2015 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
  2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Juli 2015. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site : http://um.undip.ac.id
3.  Seleksi Masuk Program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip
Untuk seleksi masuk ke program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip tahun 2015 dilakukan dalam 2 gelombang melalui Jalur Ujian Mandiri Pascasarjana 2015

4.  Seleksi Masuk Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)
Untuk seleksi masuk ke Program Pendidikan DOkter Spesialis (PPDS) Undip tahun 2015 dilakukan dalam 1 gelombang di Semester (Bulan November-Desember) dan Semester Gasal (Februari-Maret) melalui Jalur Ujian Mandiri PPDS 2015