Tata Cara Pendaftaran Ujian Mandiri D3-S1-Pascasarjana 2014 PDF Print E-mail
Petunjuk Tahapan-tahapan Penting Ujian Mandiri Diploma III, S1, dan Pascasarjana  Universitas Diponegoro tahun 2014 adalah:


  1. Melakukan  pendaftaran 'get pin'. Pendaftaran ini adalah untuk mendapatkan pin dari web site um.undip.ac.id dengan mengisi : nama, no identitas (SIM, KTP yang masih berlaku), pilihan ujian (SAINTEK/SOSHUM/CAMPURAN) yang akan menentukan pemilihan program studi/jurusan dan jumlah pilihan (SAINTEK dan SOSHUM boleh maksimal 2 pilhan program studi, sedangkan SAMPURAN boleh maksimal 3 pilihan program studi). Hasil pendaftaran get pin calon peserta akan mendapatkan no pin yang akan digunakan sebagai bill key (kunci pembayaran) untuk membayar biaya pendaftaran di bank Mandiri, BTN, BRI ataupun BNI '46.
  2. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank mandiri (melalui internet banking, ATM, dan teller),bank BRI (melalui ATM dan teller), bank BNI'46 (melalui ATM dan Teller), atau Bank BTN (melalui teller). Tata cara pembayaran bisa di lihat di >>> tata cara bayar . Biaya pendaftaran SAINTEK dan SOSHUM adalah Rp. 250.000,- sedangkan CAMPURAN adalah Rp. 300.000,- .
  3. Melakukan pendaftaran 'isi formulir'. Pendaftaran ini langsung bisa dilakukan setelah melakukan transaksi pembayaran di Bank (real time). Pendaftaran ini dilakukan Sistem / Menu 'Pendaftaran Online '-> menu 'Isi Formulir'. Pendaftaran 'Isi formulir' tidak bisa dilakukan jika pendaftaran 'get pin'  (point 1) dan pembayaran biaya pendaftaran (point 2)  belum dilakukan. Pada Tahap ini calon peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran.
    • Masukkan no pin dan password yang telah didapat pada point 1 diatas
    • Mengisi formulir untuk kelengkapan berkas. Isilah semua data yang diminta, sampai pada tahapan akhir nanti jika sudah yakin betul dengan data yang diisikan maka tekan tombol “daftar” (pada tabulasi final). Setelah menekan tombol 'daftar' maka akan muncul no peserta ujian dan kelompok ruang ujian serta menu untuk mencetak kartu peserta ujian (KPU)  yang akan digunakan pada saat verifikasi nanti.
    • Mencetak kartu Ujian. Anda bisa mencetak langsung dan atau menyimpannya. Mencetak kartu hanya bisa dilakukan ketika semua data yang diminta dalam formulir pendaftaran telah diisikan. Pastikan dulu bahwa data yang anda isikan telah benar sesuai dengan yang diinginkan termasuk yang paling penting adalah pilihan jurusan atau program studi. Setelah mencetak kartu peserta ujian, calon peserta tidak bisa mengedit kembali data yang telah diisikan.
  4. Melakukan verifikasi (pengesyahan) pendaftaran 1 jam sebelum ujian diruang Ujian. Verifikasi akan dilakukan oleh pengawas dengan membawa syarat-syarat. Untuk peserta UM S1 yang memilih lokal ujian di luar semarang dikenakan biaya verifikasi dan ujian.