Jalur-jalur Seleksi Masuk Program S1 - D3 - S2/S3 Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2016/2017 PDF Print E-mail

1. Seleksi Masuk Program Strata 1 (S1) Undip

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro tahun 2016 didasarkan pada:

  • Peraturan Pemerintah no. 66 tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  • Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.
  • UU no 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Berdasarkan peraturan diatas maka proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program S1 Undip tahun 2016 akan diatur melalui seleksi secara nasional dan seleksi secara lokal / mandiri.

Jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Diponegoro program Strata 1 (S1) untuk tahun 2016 adalah sebagai berikut:
  • Seleksi S1 Jalur SNMPTN Secara Nasional.

Seleksi nasional ini diselenggarakan dibawah tanggung Jawab langsung Pemerintah (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi).
Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2016 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2015 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Pelaksanaan SNMPTN 2016 dibuka tanggal 29 Februari - 12 Maret 2016 dan semua biaya ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Detail informasi SNMPTN 2016 bisa di akses disini atau di web site resmi SNMPTN 2016 (www.snmtpn.ac.id)
  • Seleksi S1 Jalur SBMPTN dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia

Seleksi Bentuk Lain ini adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) jalur ujian tertulis dan / atau keterampilan. Pendaftaran mulai dibuka Tanggal 25 April - 9 Mei 2015 (Test berbasis CBT) dan tanggal 25 April - 20 Mei 2016 (Test berbasis PBT/Tertulis). Seleksi ini dibawah tanggung jawab pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. Untuk mengikuti ini seleksi ini biaya pendaftaran ditanggung peserta seleksi.

  • Seleksi S1 Jalur Ujian Mandiri.

Seleksi ini adalah yang khusus dilakukan oleh Universitas Diponegoro dibawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro. Biaya Pendaftaran untuk seleksi mandiri Undip ditanggung oleh peserta seleksi. Jalur seleksi mandiri untuk tahun 2016 hanya Jalur UM S1 (Ujian Mandiri). jalur ujian mandiri adalah jalur seleksi mandiri melalui tes tertulis untuk mengikuti program pendidikan S1 di undip. Pendaftaran akan dilakukan secara online akan dimulai 27 April - 22 Mei 2016. Informasi pendaftaran bisa diakses menjelang pendaftaran di : http://um.undip.ac.id . Jalur mandiri PSSB Kemitraan tidak dibuka lagi.

 

2.  Seleksi Masuk Program Diploma III (D-III) Undip
Untuk seleksi masuk ke program Diploma III Undip tahun 2016 semuanya dilakukan secara lokal / mandiri dengan melalui jalur-jalur seleksi sebagai berikut:
  1. Jalur PSSB (Program Seleksi Siswa Berpotensi) Akademik untuk program Diploma III. Seleksi ini telah dibuka mulai 25 Januari - 25 Maret 2016 secara online. Keterangan lengkap bisa dibaca di menu PSSB D3 di web site ini.
  2. Jalur UM D-III (Ujian Mandiri Diploma III) adalah jalur seleksi melalui tes tertulis untuk masuk ke program diploma III Undip. Pendaftaran akan dibuka 29 Mei - 26 Juni 2016. Pendaftaran akan dilakukan secara online di web site : http://um.undip.ac.id

 

3.  Seleksi Masuk Program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip
Untuk seleksi masuk ke program Pasca Sarjana (S2/S3) Undip tahun 2016 dilakukan dalam 2 gelombang pada Semester Gasal maupun Genap melalui Jalur Ujian Mandiri Pascasarjana 2016


4.  Seleksi Masuk Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS)
Untuk seleksi masuk ke Program Pendidikan Dokter Spesialis SP1 (PPDS) Undip tahun 2016 dilakukan dalam 1 gelombang pada Semester Gasal maupun Genap melalui Jalur Ujian Mandiri PPDS 2016

4.  Seleksi Masuk Program Pendidikan Akuntansi (PPA)
Untuk seleksi masuk ke Program Pendidikan Akuntansi (PPA) Undip tahun 2016 dilakukan dalam 2 gelombang pada Semester Gasal maupun Genap melalui Jalur Ujian Mandiri PPA 2016