Biaya Studi

Biaya Studi di Universitas Diponegoro menggunakan Sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dirumuskan berdasarkan Beban Kuliah Tunggal (BKT). Sistem UKT terdiri dari golongan 1 sampai 7. Terdapat perbedaan dari setiap jalur dari sistem ini yaitu : Program Sarjana Strata 1 (S1)

  • Jalur SNMPTN, SBUB dan SBMPTN : Pembayaran studi hanya biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 – 7. Pembagian golongan tersebut berdasarkan usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan.  Calon mahasiswa dapat memilih UKT Golongan 7 atau lainnya pada saat mengisi registrasi online calon mahasiswa baru.

snmptn

  • Jalur Ujian Mandiri (UM S1) : Tahun 2016 Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi. Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI tersebut terdiri dari Golongan 1 dan 2, dimana calon mahasiswa bisa memilih Golongan saat mau mendaftar menjadi peserta Ujian Mandiri S1 (pilihan terdapat pada pengisian formulir online). Biaya Pendidikan UM S1 Tahun 2017 masih dalam Proses.

          um s1          

  • Jalur Ujian Mandiri (UM S1) Kelas Internasional : Pembayaran studi hanya biaya SPP sebesar Rp. 20.000.000 (Dua Puluh Juta Rupiah) Per Semester dari SMT 1 sampai 7. Kelas Internasional (IUP) yang dibuka saat ini AkuntansiManajemenIlmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, dan Teknik Kimia.

  Program Diploma III (D3)

  • Jalur PSSB : Pembayaran studi hanya biaya SPP berdasarkan UKT dari Golongan 1 sampai 7. Pembagian golongan tersebut berdasarkan usulan dari calon mahasiswa yang bersangkutan.  Calon mahasiswa dapat memilih UKT Golongan 7 atau lainnya pada saat mengisi registrasi online calon mahasiswa baru. 

     

    PSSB D3

  • Jalur Ujian Mandiri (UM DIII) : Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 4 – 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi. Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1. Untuk SPI jalur Ujian Mandiri D-III hanya 1 golongan saja sebesar Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah).  Untuk tahun 2017 masih dalam Proses.

Program Diploma IV (D4)

  • Jalur Ujian Mandiri : Pembayaran studi terdiri dari biaya SPP dari UKT Golongan 1 – 7 dan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi). Biaya SPI hanya dibayarkan sekali selama studi pada awal semester 1.

Program Pascasarjana (S2/S3) dan Profesi
Pada Program Pascasarjana tidak menggunakan Sistem UKT. Biaya studi sesuai dengan biaya pada masing-masing program studi terdiri dari :

  • Biaya SPP Per Semester
  • Biaya SPI (sumbangan Pengembagan Institusi)

    Untuk Program Profesi hanya dikenakan SPP.

Program  Pendidikan Dokter Spesialis

Sesuai SK yang tercantum dalam Pengumuman Berikut ini

 PPDS

Biaya Pendidikan yang dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun berdasarkan Pengumuman Rektor No. 37/UN7/PENG/2017 yang bisa di DOWNLOAD DISINI

Banding UKT Calon peserta dapat mengajukan banding atas UKT khusus jalur SNMPTN, SBMPTN dan PSSB D-III dengan syarat dan tata tertib yang dapat di download disini   Sumber SK Rektor NO. 226/UN7.P/HK/2017 Tanggal 25 April 2017 Tentang PENETAPAN BESARAN BIAYA KULIAH TUNGGAL (BKT) DAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) PER MAHASISWA PER SEMESTER SERTA SUMBANGAN PENGEMBANGAN INSTITUSI (SPI) PROGRAM SARJANA S1 DAN PROGRAM DIPLOMA UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2017